Rabu, 31 Desember 2008

gaza


tiga millenium lalu,tepatnya limabelas abad sebelum masehi. setelah 300 tahun berlalunya penjajahan Mesir, penduduk palestina yang merupakan nelayan menghuni sebuah kota. 

gaza menjadi pusat yang penting bagi pentapolis palestina (liga 5 kota). Disanalah pahlawan yang tertera dalam injil, Samson dihancurkan ketika jatuh dari kuil dewa Dagon. karena posisi strategisnya di Via Maris, jalan pantai kuno yang menghubungkan Mesir dengan Palestina dan tanah dibawahnya, gaza mengalami sedikit kedamaian, yang membawa kesuksesan terhadap raja daud dan kepada penduduk assiria, mesir,babilonia dan persia. 

alexander yang agung pun menemui pertahanan yang sulit disana. lalu, setelah menaklukkannya, ia menukar daerah taklukannya menjadi perbudakan. melalui cerita ini, dapat diketahui gaza adalah daerah perdagangan.dalam masa Yunani dan Romawi, pelabuhan terletak sekitar 3 mil dari kota yang dinamakan neapolis. 

635 setelah Masehi, kaum arab mengambil alih Gaza, dan menjadi kota umat islam. gaza merupakan tempat bersejarah yang penting bagi umat islam karena terdapat situs pemakaman kakek buyut Rasulullah Saw, Hashim ibn Abd Manaf, dan tempat dilahirkannya imam syafii(767-820)
setelah saladin mengalahkan pasukan salib dalam peperangan Hattin (1187),Gaza berada dalam genggaman kaum muslimin hingga di masa Kerajaan Turki Ottoman di abad 16. pada perang dunia 1, Gaza dipertahankan mati-matian oleh Turki.

setelah perang, gaza menjadi bagian daerah palestina.

Tidak ada komentar: