Senin, 10 Maret 2008

ayat-ayat cinta

Kang Abik : “Untuk Film Selanjutnya, Agar Arti-Artisnya Fasih Membaca
Al qur’an”

Film Ayat-Ayat Cinta besutan sutradara Hanung Bramantyo, meraih hasil manis di pasaran. Republika online mencatat hingga awal Maret, film yang diilhami dari Novel Ayat-Ayat Cinta karya Habiburrahman el Shirazy itu telah ditonton oleh lebih dari satu juta setengah orang.
Sementara itu, dalam jumpa fans yang digelar Ahad (10/3) lalu di Ruang Anggrek, Istora Senayan, Jakarta, penulis novel Ayat-Ayat Cinta, Habiburrahman el Shirazy atau akrab disapa dengan panggilan Kang Abik, mengatakan saat ini pihaknya sedang menjajaki kemungkinan novelnya yang lain, ‘Ketika Cinta Bertasbih’ untuk juga dijadikan film. Kang abik menambahkan sebagai evaluasi dari film Ayat-Ayat Cinta, maka di dalam film ini, ia mensyaratkan agar pemeran dari tokoh-tokoh dalam film ini dapat membaca Alqur’an, “untuk film selanjutnya, agar artis-artisnya fasih membaca Al Qur’an, tutur Kang Abik.
Selain itu , jumpa fans yang dipadati oleh sekitar 500 penggemar itu menghadirkan artis-artis pemain film Ayat-Ayat Cinta, seperti Saskia Mecca dan Mieke Widjaja. Saskia yang berperan sebagai tokoh Noura mengatakan bahwa sudah sejak awal ia berharap dapat ikut serta dalam film islami tersebut. “Dulu saya bilang sama kang abik kalau saya rela untuk main meski hanya sebagai figuran”.
Perempuan asal Bogor ini juga merasa tertantang setelah mengetahui dirinya terpilih untuk memerankan sosok Noura, perempuan Mesir yang memfitnah Fahri dengan mengatakan bahwa Fahri yang memperkosa dirinya. “Sebenarnya Noura ditawari untuk diperankan oleh artis lain, tetapi karena yang bersangkutan menolak karena takut image nya rusak, akhirnya saya yang memainkan. Dari situlah saya merasa tertantang”, tutur Saskia.
Akibat berperan sebagai Noura, artis yang melejit lewat sinetron ‘Lorong Waktu’ ini mempunyai pengalaman menarik.”Waktu itu saya ke Bali untuk jumpa fans Ayat-Ayat Cinta, lalu ada seorang ibu yang memanggil saya, Noura-Noura, saya menoleh dan tersenyum, tapi ibu itu lalu berkata, ga jadi deh, soalnya jahat sih”.
Pengalaman berbeda dirasakan oleh artis senior Mieke Widjaja. Artis yang terbiasa memerankan tokoh antagonis ini berujar baru membaca novel Ayat-Ayat Cinta setelah filmnya usai dibuat. Meski demikian, ia bersyukur dapat ikut menjadi bagian dari film laris tersebut.”Alhamdulillah saya bisa ikut menjadi bagian dari Ayat-Ayat Cinta, mudah-mudahan film ini dapat menginspirasi generasi muda”, tutur Mieke.
Mieke yang memerankan tokoh Ummu Fatih, isteri dari Syaikh Ustman ini mengaku hanya bermain dalam beberapa adegan yang semuanya mengambil lokasi di dalam negeri, meski setting cerita Ayat-Ayat Cinta sendiri, ada di Mesir. “Saya main hanya ketika Aisyah mencari surat-surat Fahri di rumah Ummu Fatih dan ketika Fahri dan Aisyah taaruf. Lokasi syutingnya juga cuma di Semarang dan di Menteng, jadi Kairo nya saya ya ada di Semarang sama Jakarta”, gurau Mieke (Aby).

Nb : kang fotonya gelap-gelap euy, pake ilustrasi dari gambar internet aja yah

Tidak ada komentar: